Selasa, 30 Oktober 2007

Panduan Singkat Membeli Kamera Digital

Oleh: Deny, IT Staff - DigitalStudio Gading
(Catatan redaksi: menurut hasil survey terbaru dari Lyra Research, terjadi kecenderungan gender berbeda antara pria dan wanita dalam menggunakan kamera digital. Hasil dari 2004 U.S. Digital Photography Survey; lebih dari 20 persen wanita di US menggunakan Kodak digital camera, sementara hanya 10 persen pria menggunakan Kodak sebagai pilihan merek. Pria lebih menyukai Canon digital camera, dengan hampir 17 persen responden. Penjelasannya adalah wanita secara umum kurang akrab dengan teknologi dan mereka cenderung menyandarkan pada kepercayaan merek dimana Kodak sangat jauh lebih popular dibanding merek lainnya)

(Artikel ini menjelaskan dan memandu anda bagaimana sebaiknya memilih dan membeli kamera digital, jangan silau dengan merek. Semakin memahami spesifikasi kamera dan tahu jelas apa yang anda inginkan, anda diharapkan dapat memaksimalkan manfaat dari biaya pembelian kamera yang relatif cukup mahal, red.)

CCD
Semakin tinggi resolusi CCD semakin tajam gambar yg mampu ditangkap. Kamera digital standard saat ini menggunakan resolusi CCD 1.3M pixel untuk menghasilkan gambar tajam seukuran foto biasa. Sedangkan bagi profesional kini sudah tersedia resolusi CCD diatas 5M pixel yg sangat tajam hasilnya. Sesuaikan kebutuhan Anda, untuk acara keluarga biasa cukup menggunakan kamera 1.3 - 2.1M pixel.

Kapasitas Media Penyimpan
Kapasitas media penyimpan menentukan seberapa banyak hasil foto yang bisa ditampung. Media simpan saat ini yang umum dipakai ialah Compact Flash, Memory Stik, dsb. Semakin tinggi resolusi CCD semakin besar ukuran file yang dihasilkan sehingga membutuhkan media simpan yang lebih besar. Media simpan dengan kapasitas 8MB cocok untuk kamera digital kelas dibawah 2M pixel CCD. Media penyimpan bisa diupgrade kapasitasnya dengan membeli media penyimpan yang lebih besar.

Media Simpan Vs Resolusi Kamera
Berikut ini adalah panduan media simpan yang ideal untuk berbagai resolusi kamera digital:

1. Resolusi 1.3 Mega Pixel; dengan 8 MB Memori Min mempunyai 23-105 Jml Max Foto, dengan 16 MB Memori Ideal mempunyai 45-120 Jml Max Foto*

2. Resolusi 2.0 Mega Pixel; dengan 8 MB Memori Min mempunyai 14-90 Jml Max Foto, dengan 16 MB Memori Ideal mempunyai 27-200 Jml Max Foto

3. Resolusi 3.0 Mega Pixel; dengan 16 MB Memori Min mempunyai 8-80 Jml Max Foto, dengan 32 MB Memori Ideal mempunyai 15-170 Jml Max Foto

4. Resolusi 4.0 Mega Pixel; dengan 16 MB Memori Min mempunyai 12-120 Jml Max Foto, dengan 32 MB Memori Ideal mempunyai 24-250 Jml Max Foto

(* Perkiraan rata-rata jumlah foto; besarnya jumlah foto maksimal tergantung resolusi mode yg bisa dipilih pada kamera digital, semakin tinggi resolusi semakin besar file tiap gambar yg dhasilkan sehingga semakin sedikit gambar yg bisa disimpan)

Transfer File & Cetak
Agar proses transfer ke komputer atau printer tidak mengalami kendala perhatikan tipe interface (kabel penghubung) yang disediakan dengan perangkat komputer Anda. Rata-rata kamera digital keluaran terbaru menggunakan interface USB. Kamera digital saat ini juga bisa langsung mencetak ke printer biasa tanpa memerlukan PC, fasilitas ini dinamakan DPOF (Digital Print Order Format), tanpa fitur ini tidak bisa mencetak langsung ke printer.

LCD Display
Kamera digital yg baik selalu menyediakan LCD display yang berguna untuk melihat menu setting, bidikan kamera, dan hasilnya. Dengan LCD ini sangat memudahkan bagi pengguna kamera digital yang tidak perlu membidik lagi dari lubang kecil

Zoom
Fungsi zoom ialah memperbesar gambar sehingga Anda tidak perlu mendekati obyek untuk memperoleh ukuran yang diinginkan. Kamera digital biasanya dilengkapi dengan zoom melalui proses digital yang biasa disebut Digital Zoom yang dikombinasikan dengan zoom melalui optic/lensa yang disbeut Optical Zoom. Perpaduan keduanya menghasilkan zoom yang berlipat.

Flash
Flash berfungsi menghasilkan kilatan cahaya untuk membantu mendapatkan gambar yang jelas jika kondisi obyek gelap kurang cahaya. Lampu flash sering berguna dimalam hari atau pada obyek gelap seperti didalam ruangan, goa, dsb.

Movie Recording
Selain kemampuan menangkap obyek diam, kamera digital juga sering dilengkapi fitur Movie Recording/Capture untuk menangkap obyek bergerak layaknya camcorder. Tetapi karena keterbatasan media simpan, maka obyek bergerak ini hanya bisa disimpan dalam hitungan puluhan detik.

Software
Software selalu menyertai kamera digital agar mudah dalam editing maupun menghubungkannya dengan komputer. Bahkan sering dilengkapi software image editing sederhana untuk menghasilkan gambar yang kreatif memenuhi imajinasi.

Tidak ada komentar: